Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Adalah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini,para turis mancanegara menyebutnya Togian Island. Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una una.

Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Pulau Papan dan Kabalutan.

Kepulauan Togean merupakan ekosistem pulau-pulau kecil yang sangat strategis di Teluk Tomini dan secara sosial ekonomi mendukung wilayah daratan di sekitarnya, terutama dalam pemanfaatan sumberdaya laut. Hal ini akan memberikan dampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap terumbu karang yang ada di Kepulauan Togean sehingga perlu dilakukan upaya pengelolaan yang terpadu dan lestari.

Dibentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Hasil survei Marine Rapid Assessment Program (MRAP) oleh Conservation International Indonesia (CII) tahun 1998 di Kepulauan Togean dan Banggai menunjukkan bahwa kepulauan Togean merupakan salah satu bagian ekosistem terumbu karang penting dari ‘coral triangle’ yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Terumbu karang di Kepulauan Togean kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang : karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll).

Biodiversitas Togean

Sebagai bagian dari The Coral Triangle, Kepulauan Togean menyimpan kekayaan hayati bawah laut yang sangat menakjubkan. Tercatat 4 tipe terumbu karang yang ada di wilayah perairan Kepulauan Togean. Yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef). Berbagai terumbu karang dengan aneka warna dapat Anda temukan di dalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 Famili tersebar di perairan kepulauan ini. 7 spesies diantaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean.

Menjelajah perairan Kepulauan Togean yang menakjubkan ini, Anda bisa menyaksikan Ikan Kupu-kupu (sekitar 35 jenis), Paus Pilot, Ikan Pari Manta, Hiu Karang Abu-abu, Ikan Trevally mata besar (Trochus niloticus), Kima raksasa (Tridagna gigas), Lola (Trachus niloticus), dan Dugong (sejenis Ikan Duyung). Tak hanya itu, jika beruntung Anda juga bisa bertemu dengan spesies penyu yang sudah tergolong langka. Seperti Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Hijau (Chelonia mygas). Penyu-penyu tersebut sering menepi di pantai kepulauan ini untuk bertelur.

Berbagai macam ikan dengan berbagai ukuran dan warna-warna juga bisa Anda lihat di dalam perairan Togean. Sekitar 596 spesies ikan (dari 62 Famili) dapat Anda temukan, dimana ikan-ikan tersebut bersarang dalam terumbu karang nan indah. Dua spesies diantaranya merupakan spesies ikan endemik Kepulauan Togean, yaitu Ecsenius sp. dan Paracheilinus togeanensis. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan Molusca (555 spesies), Gastropoda (336 spesies), Bivalvia (211 spesies), Cephalopoda (2 spesies), Scaphopoda (2 spesies), dan Chiton (4 spesies).

Sedangkan di wilayah tepi perairan, banyak terdapat hamparan rumput pantai (Seagrass bed) yang menjadi tempat mencari makan ikan-ikan Dugong. Selain itu juga terdapat hutan mangrove dengan 33 jenis mangrove dari 26 Genus dan 21 Famili. Tentu saja Anda akan mendapati beberapa jenis burung yang bersarang di sekitar pantai. Menakjubkan, bukan?

 

Daratan Kepulauan Togean

Tak cuma pemandangan pantainya dan kekayaan bawah lautnya yang menakjubkan, keindahan daratan Kepulauan Togean juga akan membuat Anda takjub. Selain berupa jajaran kepulauan, Togean juga memiliki daratan besar yang melindungi kekayaan alam yang masih asri. Terdapat 6 pulau besar yang termasuk ke dalam wilayah Kepulauan Togean. Seperti Pulau Batudaka, Pulau Togean, Pulau Waleakodi, Pulau Unauna, Pulau Waleabahi dan Pulau Talatakoh. Wilayah daratan Kepulauan Togean seluas 10.659 Hektar menjadi Hutan Lindung bagi flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Togean, Anda akan melintasi pulau-pulau yang berjejer. Dari berbagai sudut, Anda akan menemui keasrian hutan dengan pepohonan yang rimbun, tentu saja dengan udara yang masih segar dan sejuk. Daratan Kepulauan Togean juga menjadi tempat berlindung dan berkembang biak bermacam-macam satwa. Seperti Rusa, Kuskus,Tarsius, Ketam Kenari (Birgus latro), dan lain sebagainya. Jika beruntuk, Anda bisa menyaksikan kehidupan fauna endemik Pulau Togean. Seperti Biawak Togean (Varanus salvator togeanus), Kera Togean (Macaca togeanus), dan Babi Rusa Togean (Babyrousa babirussa togeanensis). Tak jarang Anda akan mendengar teriakan dan kicauan burung-burung. Karena ada sekitar 90 jenis burung yang dilindungi dan berkembang biak di rimbunan hutan pulau ini.

Diantara gunung-gunung yang tinggi daratan Kepulauan Togean, Anda juga bisa mengunjungi Kawah Gunung Colo yang ada di Pulau Unauna. Selain itu Anda juga bisa berpetualang mengunjungi tempat-tempat yang lain, seperti Gua-gua, Sungai yang masih jernih, Air Terjun, Pantai-pantai, dan Sumber Air Panas. Serta berinteraksi dengan masyarakat di pemukiman Suku Muna dan Suku Bajo (di daerah pesisir) yang sangat ahli dalam menyelam.

 

 
 

TRIP TERLARIS (Open Trip & Private)

MORE INFORMATION

  • Email: togeanjourney@gmail.com
  • Phone/whatsapp: +6282292908880